Home » Info » Teknik Industri Program Sertifikasi Insinyur #DiklatKerja

Teknik Industri Program Sertifikasi Insinyur #DiklatKerja

Teknik industri merupakan salah satu jurusan paling diminati para pelajar Indonesia, karena memiliki prospek kerja yang cukup bagus dan luas.

Karena juga jurusan yang ada dalam rumpun teknik (saintek), jadi sangat banyak sekali baik perusahaan maupun lembaga yang mencari nantinya.

Apalagi dengan adanya industri 4.0 yang merupakan tren di masa sekarang, jurusan teknik industri menjadi prioritas bagi pelajar.

Pengertian Teknik Industri

Definisi teknik industri adalah salah satu jurusan yang mempelajari bidang keilumuan dalam proses industri baik sisi manajemennya juga keteknikannya.

Jurusan teknik industri adalah juga turunan dari teknik mesin yang sebagai akarnya. Fokus dari jurusan tersebut mengarah ke perancangan, peningkatan, serta hal-hal yang berintegrasi dengan mesin.

Jurusan tersebut mempelajari tentang bagaimana memecahkan masalah dengan matetatis dalam dunia industri.

Yang dipelajari di teknik industri tidak hanya ada tentang mesin atau sebaginya, tetapi juga agaimana mengolah informasi sehingga dapat membantu manajamen suatu pekerjaan tersebut, juga pengantar teknik industri adalah mata kuliah yang wajib salah satunya.

Selain itu juga dijarkan bagaimana merancang tata letak sebuah perusahaan, membangun aplikasi informasi untuk perusahaan, dan bagaimana cara mengelol organisasi dalam sebuah perusahaan atau lembaga. Serta bagaimana mengoptimalkan kerja dari sumber daya yang ada, manusia, mesin, dsb.

Prospek Kerja Teknik Industri

Beberapa prospek kerja untuk alumni teknik industri yang sangat dibutuhkan,

  1. Production Engineer
  2. Operations Consultant
  3. Data Scientist
  4. Data Engineer
  5. BUMN/PNS/Dosen
  6. dll.

Sangat menjanjikan bukan? pastinya.

Setiap pekerjaan pasti memiliki gaji yang berbeda, sesuai dengan kesulitan dari pekerjaan itu juga.

Selain itu, masih banyak lagi pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh alumni teknik industri. Tidak hanya yang berkaitan dengan dunia industri, bahkan sampai menjadi pengusaha juga bisa.

Sangat luas sekali bukan prospek kerjanya?.

Kampus

Berikut beberapa kampus yang terdapat jurusan teknik industri,

  1. Universitas Gajah Mada (UGM)
  2. Universitas Airlangga (UNAIR)
  3. Universitas Negeri Malang (UM)
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  5. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  6. Universitas Telkom (Telkom University)
  7. Binus University

Universitas yang tertera di atas memiliki jurusan teknik industri terbaik di Indonesia, masih ada banyak universitas atau kampus. Baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun di Perguruan Tinggi Swasta.

Dengan kuliah di jurusan tersebut, nantinya jika lulus akan bergelar Sarjana Teknik (S.T.).

Program Sertifikasi Insinyur Profesional

Dalam upaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDA) yaitu dengan memberikan komptensi tenaga kerja melalui sertifikasi kompetensi kerja.

Diharapkan tidak hanya untuk lulusan atau alumni teknik industri, tetapi masih banyak lagi jurusan-jurusan yang lain.

Terhadap tenaga kerja konstruksi yang bekerja pada jasa konstruksi harus memiliki sertifikat kompetensi kerja. Maka dari itu setiap penyedia jasa wajib mempekerjakan tenaga kerja yang mempunyai sertifikasi kompetensi kerja. Sesuai dengan aturan pada Undang-Undang no. 2 Tahun 2017.

Sertifikat kompetensi kerja terdapat masa berlaku, sehingga para pemegang sertifikat tersebut harus memperpanjang sertifikat tersebut dengan mengikuti Program Continuing Profesional Development (CPD).

Selain itu, para pemegang sertifikat kompetensi kerja juga harus mengumpulkan 120 poin pengembangan keprofesian. Jumlah yang harus didapatkan setiap tahunnya minimal harus 40. Paling tidak atau paling lambat dalam waktu 3 tahun, 120 poin tersebut bisa terpenuhi dengan mengikuti CPD.

DiklatKerja

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, untuk mengikuti Program Profesional Development (CPD) semakin mudah. Para peserta dan instruktur tidak bertatap muka secara langsung namun dapat memanfaatkan internet.

Program sertifikasi insinyur memanfaatkan fasilitas e-learning, peserta yang mengikuti program pelatihan tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Selama ada koneksi internet, peserta dapat mengikuti proses pembelajaran dan juga tes secara online di manapun berada. Hal tersebut dapat menghemat waktu serta biaya lainnya.

Bagi alumni teknik industri yang masih fresh graduate, cocok banget untuk mengikuti program tersebut. Hanya tinggal mengakses dan mengikuti petunjuk yang tersedia dalam DiklatKerja.

Tidak hanya untuk fresh graduate saja, melainkan untuk tenaga kerja profesional bidang konstruksi.

Beberapa trainer yang ada pada DiklatKerja,

  1. Dr. Ir. Susy Rostiyanti – Dosen Universitas Podomoro
  2. Dr. Ir. Wahyu Indra Sakti Saidi, M.Sc
  3. Prof. Ir. Budi Santosa, ME, Ph.D – Rektor Institut Teknologi Kalimantan
  4. B. Laksito Purnomo, ST, M.Sc, IPM, ASEAN Eng. – Dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  5. Dr. Rina Fitriana, ST, MM, IPM – Dosen Universitas Trisakti
  6. Vivi Triyani – Doctoral Candidate – Institut Teknologi Bandung
  7. Agus Rudiyono, M.Sc., MBA. – Dosen Universitas Pertamina
  8. LINA GOZALI, ST, MM, PH.D – Dosen Universitas Tarumanegara

Untuk testimoni dapat dilihat di instagram DiklatKerja. Mengenai informasi lengkap ada pada situs resmi DiklatKerja.

Baca juga :

Advertisement

Leave a Comment