Home » Kampus » Sekolah Tinggi Kedinasan yang Jarang Diminati

Sekolah Tinggi Kedinasan yang Jarang Diminati

Sekolah Tinggi Kedinasan yang jarang diminati menjadi serbuan bagi sebagian orang. Kenapa? karena dengan alasan sepi peminat, jadi untuk lulusannya pun diasumsikan lebih mudah untuk mendapat posisi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal itu sangat wajar dan banyak terdengar ungkapan itu disekitar kita.

Sekolah kedinasan di sana tuh masih sepi, mending daftar di sana supaya mudah mendapat pekerjaan“.

Salah satu perkataan mungkin yang sering banget terdengar dimanapun atau disekitar kita lebih tepatnya.

Dengan melihat Sekolah Tinggi Kedinasan yang menjanjikan kepada lulusannya untuk langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tidak ada salahnya dong berasumsi seperti itu.

Silakan kamu manfaatkan untuk membangun masa depanmu yang lebih cerah karena jika kamu masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan, setelah lulus nanti kamu bisa abdi negara sebagai aparatur sipil pemerintah.

Mudah sekali bukan? sangat mudah sekali.

Masalahnya kenapa sekarang masih banyak orang yang enggan mendaftarkan diri ke Sekolah Tinggi Kedinasan yang masih jarang peminatnya atau dalam kata lain masih sepi?

Baca juga : Ketahui Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Banyak orang yang menganggap bahwa jika melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi Kedinasan yang banyak peminatnya akan lebih terjamin masa depannya? bukannya malah bertolak belakang dengan asumsi di atas?

Seperti, jika kuliah di Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) nantinya mudah mendapatkan pekerjaan. Iya memang mudah karena sama-sama Perguruan Tinggi Kedinasan.

Pasti ada bagian yang sulit, yaitu sulit masuknya.

Iya bukan? pasti dong, karena kuota yang dibutuhkan dengan jumlah pendaftar tidak sebanding dan lebih banyak pendaftanya daripada kuotanya.

Untuk melihat cara pendaftaran mahasiswa/mahasiswi, silakan lihat artikel Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas atau Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan.

Daftar Sekolah Tinggi Kedinasan yang Jarang Diminati

Dengan memanfaatkan jumlah kuota yang sedikit dengan jumlah pendaftar yang sedikit juga, kamu mungkin lebih mudah masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan yang kurang diminati, berikut ini daftarnya :

1. Politeknik Pelayaran Sorong

Jika kamu berminat bekerja sebagai seorang pelaut, kamu bisa mendaftar di Politeknik Pelayaran Sorong dimana menjadi kampus kedinasan terbaik di Indonesia bagian timur. Cocok untuk lulusan SMK.

Fasilitas dan SDM yang mendukung juga profesional dan sudah memiliki sertifikat. Jadi sudah bertaraf dalam memenuhi syarat kampus internasional.

Alamat : Jl. Tanjung Soaka No. 1, Sorong, Papua Barat.

2. Politeknik Pelayaran Barombong

Politeknik Pelayaran Barombong atau Poltekpel Barombong merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang berada di bawah Kementerian Perhubungan.

Sudah mengantongi Sertifikat Kompetensi bertaraf internasional, digunakan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan bagi mahasiswanya.

Banyak alumni yang sudah menjadi bagian dari Kementerian Perhubungan.

Alamat : Jl. Permandian Alam No.1, Barombong, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90225.

3. Politeknik Pelayaran Malayahati Aceh

Politeknik Pelayaran Malayahati Aceh juga menjadi salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan yang kurang diminati. Juga berada dalam naungan Kementerian Perhubungan.

Berlokasi di bagian Indonesia bagian ujung barat ini bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan kuliah di sana.

Alamat : Jl. Laksamana Malahayati Km.19 No.12
Gampong Durung Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar, Prov. Aceh, 23381.

4. Politeknik Penerbangan Jayapura

Kembali ke bagian Indonesia Bagian Timur, yaitu Politeknik Penerbangan Jayapura merupakan juga Sekolah Tinggi Kedinasan yang jarang diminati.

Politeknik Penerbangan Surabaya sudah memiliki sarana dan prasanrana yang sangat mendukung kegiatan atau pelaksanaan belajar mengajar maupun pelatihan.

Memiliki visi mencetak SDM yang unggul dan mampu bersaing dalam bidang penerbangan.

Alamat : Tj. Ria, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

5. Politeknik Penerbangan Palembang

Politeknik Penerbangan Palembang berada dalam naungan Departemen Perhubungan ini merupakan salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan penerbangan yang berada di Palembang.

Memiliki tujuan mendidik mahasiswa dalam bidang, perencanaan, desain, konstruuksi, operasi hingga pemeliharaan fasilitas bidang teknik bandar udara. Cocok untuk kamu yang ingin bekerja di bidang penerbangan.

Alamat : Jl. Adi Sucipto No.3012, Sukodadi, Kec. Sukarami, Palembang, Sumatera selatan 30961.

6. Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi

Dulunya merupakan Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Banyuwangi kemudian diganti menjadi Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi, disingkat juga menjaadi API Banyuwangi.

API Banyuwangi juga salah satu dari Perguruan Tinggi Kedinasan yang jarang diminati yang berada di bawah Kementerian Perhubungan.

Alamat : Komplek Bandar Udara Internasional Banyuwangi, Jl. Agung Wilis, Dsn. Krajan, Kec. Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur.

7. Politeknik Transportasi Darat Bali

Sebelum menjadi Politeknik Transportasi Darat Bali (POLTRADA Bali), namanya adalah Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Blai (BPPTD) ynag berganti nama sejak tahun 2019.

Berada dalam naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, sama halnya dengan API Banyuwangi.

Alamat : Jl. Batuyang 109x Batubulan, Sukawati, Gianyar, Bali.

8. Politeknik Penerbangan Medan

Bagi kamu yang berada di bagian Indonesia bagian barat yang tidak ingin sekolah penerbangan di luar pulau, Politeknik Penerbangan Medan adalah salah satu juga Perguruan Tinggi Kedinasan yang kurang diminati.

Dulunya merupakan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan (ATKP) dan berubah nama menjadi Politeknik Penerbangan Medan.

Alamat : Jl. Penerbangan No.85, Sempakata, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20131.

Penutup

Itulah beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan yang masih sepi peminatnya, silakan matangkan pikiran dahulu sebelum mendaftar. Semoga kamu beruntung dalam memilih dan dapat diterima di Perguruan Tinggi Kedinasan impian.

Baca juga :

Sumber ilustrasi : https://news.okezone.com/

3 thoughts on “Sekolah Tinggi Kedinasan yang Jarang Diminati”

    • Untuk biaya relatif setiap sekolahnya, silakan dilihat di situs sekolah kedinasan masing-masing untuk melihat informasi biaya kuliahnya

      Reply

Leave a Comment