Home » Kampus » Daftar Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMK

Daftar Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMK

Sekolah Kedinasan untuk anak SMK paling ttinggi peminatnya. Banyak sekali lulusan dari SMK yang mendaftar di Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Apakah bisa SMK mendaftar ke Sekolah Kedinasan pertanyaannya?

Jawabannya sangat bisa! asal mendaftar pada Perguruan Tinggi Kedinasan kamu bisa.

Bayangkan saja, anak SMK itu secara fisik lebih menang daripada anak SMA. Itu menjadi peluang besar untuk masuk Sekolah Kedinasan. Tapi apakah seperti itu saja?

Tidak! banyak sekali faktor pendukung yang harus dipenuhi untuk syarat diterima di Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), yaitu seperti nilai dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa memaksimalkan peluang untuk lulus di Perguruan Tinggi Kedinasan, silakan cari Perguruan Tinggi Kedinasan yang jarang diminati atau sepi peminat.

Seperti pada artikel sebelumnya Daftar Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS kamu tidak perlu khawatir dan terlalu pesimis. Untuk jurusan SMK sudah dipersiapkan kuotanya juga.

Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK

Perguruan Tinggi Kedinasan atau biasa disebut Sekolah Kedinasan menjanjikan lulusannya untuk langsung diterima menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau juga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kesempatan kamu untuk berkarir di Sekolah Kedinasan sangat besar. Tidak ada salahnya untuk kuliah di Sekolah Kedinasan.

Silakan baca artikel Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan atau Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas untuk mengetahui cara mendaftar di Sekolah Kedinasan.

Baca juga : Ketahui Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Berikut sekolah Sekolah Kedinasan yang menerima lulusan SMK :

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Salah satu Sekolah Kedinasan yang menerima lulusan SMK terutama jurusan akuntansi.

Politeknik Keungan Negara STAN dulunya adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, kemudian berubah menjadi PKN STAN.

PKN STAN merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan. Kamu akan mempelajari akan mempelajari disiplin ilmu yang berkaitan dengan pajak, manajemen aset, bea cukai, dan sebagainya.

Untuk biaya kuliahnya gratis atau ditanggung oleh PKN STAN. Jadi kurang enak gimana lagi buat kuliah di PKN STAN? lulusannya pasti banyak dicari, udah gitu kuliahnya gratis.

Setelah lulus dari PKN STAN, nantinya akan ditempatkan di instansi di lingkungan Kementerian Keuangan. Sangat cerah bukan prospek kerja dari lulusan PKN STAN.

Alamat kampus pusat: Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya.

2. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Nah bagi kamu yang merupakan jurusan kendaraan ataupun jurusan otomotif, bisa daftarkan diri kamu di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Sekolah Tinggi Transportasi Darat merupakan Sekolah Kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lokasi kampusnya yang terletak di Bekasi yang terkenal sejak tahun 1951. Lulusannya akan dipekerjakan di lingkungan kedinasan, salah satunya di lingkungan Dephub atau Departemen Perhubungan.

Berbeda dengan PKN STAN, kamu akan dikenakan biaya kuliah. Untuk biaya kuliahnya berkirsar di atas 15 juta sampai 20 juta untuk biaya masuk.

Alamat: Jl. Raya Setu KM 3,5 Desa Cibuntu Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi.

3. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)

Politekip Ilmu Pemasyarakatan adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Juga merupakan salah satu Sekolah Kedinasan SMK yang paling favorit karena jumlah pendaftarnya sangat banyak.

Untuk biaya akan sepenuhnya ditanggung oleh Kemenkumham, jadi kuliah kalian gratis. Enak bukan? pasti enak lah.

Alamat : Tanah Tinggi, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15119.

4. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)

Sama seperti Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, POLITEKIM juga dalam naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Dulunya adalah Akademi Imigrasi (AIM) yang berubah nama menjadi Politeknik Imigrasi (POLITEKIM).

Alamat : Tanah Tinggi, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15119.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah lingkungan Badan Intelijen Negara. Berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

Kamu akan belajar tentang disiplin ilmu intelijen. Keren bukan? jadi kamu akan kemampuan untuk memecahkan masalah tingkat tinggi.

Badan Intelijen Negara memberikan gratis biaya kuliah, jadi jangan sampai kamu tertipu ya.

STIN juga merupakan sekolah kedinasan untuk SMK yang paling diminati.

Alamat : Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.

6. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Dulunya, Politeknik Siber dan Sandi Negara adalah Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Poltek SSN adalah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara.

Wah berarti belajar tentang kata sandi dong? bisa nge-hack dong? hahaha, tidak begitu juga ya… Kamu akan dibekali ilmu untuk membaca informasi atau memecahkan masalah yang berkaitan dengan keamanan seperti sandi.

Alamat : Ciseeng, Bogor, Jawa Barat, 16120.

7. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Dulunya merupakan Akademi Penerbangan Indonesia yang sekarang menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI). Berlokasi di Tangerang, Banten.

Bagi yang berminat untuk menjadi pilot atau ahli dalam bidang penerbangan, silakan daftar di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Juga merupakan salah satu Sekolah Kedinasan untuk lulusan SMK.

Alamat : Jalan Raya PLP/ STPI Curug, Tangerang 15001.

8. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)

Yang terakhir, jika kamu berminat menjadi pelayar yang profesional, tangguh, dan cepat tanggap Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran cocok untuk kamu.

Juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan atau Sekolah Kedinasan di bawah naungan Departemen Perhubungan yang berlokasi di Jakarta Utara.

Alamat : Jl. Marunda Makmur Cilincing, Jakarta Utara 14150, Indonesia.

Penutup

Itulah Daftar Sekolah Kedinasan untuk SMK dan sekali lagi tolong pastikan yang terpenting memilih Sekolah Kedinasan sesuai dengan bakat dan minat. Apabila ingin memaksimalkan peluang untuk masuk di Perguruan Tinggi Kedinasan yang ingin kamu masuki, silakan pilih Perguruan Tinggi Kedinasan yang jarang diminati.

Baca juga : Sekolah Kedinasan Terbaik dan Terfavorit

Sumber ilustrasi : https://edukasi.kompas.com/

Leave a Comment