Home » Kampus » Perguruan Tinggi Kedinasan, Lulus Jadi Pegawai Negeri Sipil

Perguruan Tinggi Kedinasan, Lulus Jadi Pegawai Negeri Sipil

Pengertian Perguruan Tinggi Kedinasan

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) atau yang biasa disebut Sekolah Ikatan Dinas merupakan sekolah impian bagi seluruh siswa menengah yang ingin melanjutkan kuliah. Kenapa bisa menjadi idaman banget gitu ya?

Sesuai dengan jenis pengelompokan menurut pengelolanya, pengelola Perguruan Tinggi Kedinasan adalah lembaga pemerintahan yang baik di bawah kementerian atau pemerintah nonkementerian.

Jadi banyak orang yang menerima di Sekolah Ikatan pasti lulus mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Memang seperti itu kenyataanya, jika lulus dari Sekolah Ikatan Dinas akan menjadi pegawai negeri atau bekerja di lembaga / lembaga negara.

Biaya untuk kuliahnya juga sangat terjangkau dan juga gratis tergantung dari penyelenggara. Wah enak sekali … mungkin itu juga faktor yang paling menguntungkan bagi yang mau kuliah di Sekolah Ikatan Dinas.

Menariknya, jika kamu kuliah di Sekolah Ikatan Dinas maka akan mendapat sebutan “taruna”. Hal ini memiliki makna yang sama dengan siswa tetapi hanya umum digunakan di Perguruan Tinggi Kedinasan.

Topik kali ini membahas tentang daftar juga informasi pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan. Simak terus informasi berikut!

Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan

Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia itu ada banyak sekali, dan tersebar di berbagai daerah. Berikut ini daftar Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia:

Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian

  1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
  2. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)
  3. Sekolah Tinggi Multi Media (MMTC)
  4. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)
  5. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)
  6. Politeknik Statiska STIS
  7. Akademi Militer

Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Lembaga Pemerintah Nonkementerian

  1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
  2. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)
  3. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)
  4. Akademi Kepolisian (Akpol)

Dapat kamu lihat daftar di atas, banyak yang dulunya itu namanya Sekolah Tinggi sekarang berubah menjadi Politeknik. Seperti Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) yang dulunya adalah Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Poltek SSN cocok untuk kamu lulusan SMK.

Untuk sekolah tinggi ikatan dinas gratis dan banyak peminatnya conthnya adalah Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang dulunya adalah Sekolah Tinggi Keuangan Negara (STAN). Kuliah kamu sudah ditanggung, jadi kamu hanya perlu memerlukan biaya untuk administrasi pendaftarannya saja.

Baca juga : Sekolah Tinggi Kedinasan yang Jarang Diminati

Enak kan? pasti enak.. bahkan ada juga loh sampai dikasih uang saku. Siapa yang tidak mau masuk ke Sekolah Kedinasan? pasti mau dong..

Info Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan

Penerimaan calon mahasiswa dan taruna Sekolah Ikatan Dinas diadakan serentak oleh Panitia Seleksi Nasional Sekolah Kedinasan. Seperti berikut alut pendaftarannya :

  1. Pengumuman Pendaftaran (1 Juni 2020)
  2. Pendaftaran Peserta (8 – 23 Juni 2020)
  3. Ujian SKD (1 Juli 2020)
  4. Seleksi Lanjutan (1 Agustus 2020)

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang informasi pendaftaran serta syarat yang lebih lengkap, silakan cek situs resmi penyelenggara SSCASN DIKDIN.

Kuota penerimaan mahasiswa/mahasiswi Sekolah Kedinasan tidak seperti tahun sebelumnya, karena tidak ikut sertanya PKN STAN yang tidak membuka pendaftaran mahasiswa/mahasiswi baru.

Kamu bisa memanfaatkan Sekolah Kedinasan yang kurang diminati untuk memperbesar peluang diterima, sesuaikan dengan kemampuan diri sendiri juga.

Baca juga : Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Tahun 2020

Perguruan Tinggi yang Buka Pendaftaran Tahun ini

Saat ini, tidak banyak yang membuka pendaftaran mahasiswa/mahasiswi baru. Mungkin karena kondisi pandemi seperti saat ini. Namun jangan khawatir, ada beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan yang masih membuka pendaftaran untuk saat ini lo.

1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara yang berada di daerah Bogor, Jawa Barat. Mahasiswanya dituntut untuk memiliki ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, atau yang berkaitan dengan intelijen.

2. Politeknik Statiska STIS

Bagi kamu yang ingin menjadi ahli statistik sangat cocok untuk masuk di Politeknik Statiska STIS yang dulunya Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Politeknik Statiska dikelola oleh Badan Pusat Statistik yang beradaa di daerah Jakarta.

3.  Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Salah satu Sekolah Ikatan Dinas di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara, merupakan satu-satunya sekolah pendidikan tinggi persandian di Indonesia. Terletak di daerah Bogor, Jawa Barat.

4. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Bagi kamu yang ingin menjadi kader pemerintah, baik daerah maupun pusat cocok banget untuk mencoba mendaftar di situ, lokasi kampus pusat berada di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

5. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)

Dikelola di bawah naungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, dulunya merupakan Akademi Ilmu Pemasyarakatan.

6. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)

Dikelola juga di bawah naungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia. Tujuan dari POLTEKIM yaitu mencetak kader pimpinan di lingkungan Ditjen Imigrasi dan Depkumham.

7. Politeknik Transportasi Darat Indonesia

Salah satu Sekolah Ikatan Dinas di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik dalam bidang trnasportasi darat.

Kesimpulan

Perguruan Tinggi Kedinasan dikelola oleh lembaga pemerintahan baik kementerian maupun pemerintah nonkementerian. Terdapat banyak keunggulan jika masuk Sekolah Ikatan Dinas, salah satunya mendapatkan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baca juga : Daftar Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Salah satu contoh Sekolah Ikatan yang dibiayai penuh atau biaya kuliah gratis Politeknik Keuangan Negara (STAN), merupakan salah satu Sekolah Ikatan di bawah naungan Kementerian Keuangan.

Pendaftaran atau seleksi Sekolah Ikatan Dinas dilakukan secara serentak yang diselenggarakan oleh SSCASN (Badan Kepegawaian Negara).

Baca juga : Sekolah Kedinasan Terbaik dan Terfavorit

Sumber ilustrasi: https://spcp.ipdn.ac.id/2020/

Advertisement

Leave a Comment