Home » DIKDIN » Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Tahun 2020

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Tahun 2020

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas pada tahun ini resmi dibuka setelah mengalami penundaan. Sebelumnya, Panitia Seleksi Nasional menjadwalkan pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas pada tanggal 9 – 30 April. Namun ditunda karena kondisi pandemi seperti saat ini.

Sekolah Ikatan Dinas atau yang biasa disebut Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) diselenggarakan seara resmi dan serentak oleh lembaga pemerintahan kementerian dan pemerintah nonkementerian.

Keunggulan daripada Sekolah Ikatan Dinas yaitu langsung terikat ke dunia kerja, lebih tepatnya menjadi Pegawai Negeri Sipil. Selain itu, biaya kuliah di Sekolah Ikatan Dinas juga sangat terjangkau bahkan ada yang dibiayai secara penuh atau gratis.

Baca juga : Ketahui Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Pembukaan Sekolah Kedinasan atau pendaftaran seleksi Sekolah Ikatan Dinas tahun 2020 kembali dibuka, tepatnya pada tanggal 8 – 23 Juni 2020, dengan menyesuaikan status tanggap darurat pandemi. Sesuai dengan pengumuman pendaftaran Sekolah Kedinasan pada tanggal 1 Juni 2020.

Jadwal Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Sesuai dengan pengumuman dari penyelenggara seleksi atau SSCASN DIKDIN pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 pada tanggal 1 Juni sebagai berikut :

  • Pendaftaran Peserta di SSCASN (8 – 23 Juni 2020)
  • Pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (1 Juli 2020)
  • Pelaksanaan Seleksi Sekolah (1 Agustus 2020)

Untuk pelaksanaan seleksi lanjutan akan menyesuaikan dengan ketentuan setiap Sekolah Kedinasan yang membuka pendaftaran tahun ini. Untuk cara mendaftar kedinasan peserta di SSCASN bisa dilihat di situs resmi https://dikdin.bkn.go.id/.

Jadwal Pendaftaran Kedinasan atau tanggal pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini disesuaikan dengan kondisi pandemi, itulah yang menyebabkan penundaan jadwal pendaftaran calon mahasiswa baru.

Daftar Sekolah Kedinasan

Pendaftaran Sekolah Kedinasan yang masih dibuka tahun ini tidak banyak, hanya beberapa instansi saja. Berikut ini beberapa Sekolah Ikatan Dinas yang membuka pendaftaran tahun ini :

1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN adalah salah satu sekolah kedinasan yang masih buka pendaftaran, informasi terkait jadwal pendaftaran STIS ataupun syarat yang lebih rinci bisa kamu lihat di situs resmi Sekolah Tinggi Intelijen Negara https://ptb.stin.ac.id/.

2. Politeknik Statiska STIS

Informasi tentang cara daftar kedinasan, sistem seleksi, syarat, danbiaya yang lebih lanjut silakan akses di situs resmi https://spmb.stis.ac.id/.

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Informasi tentang persyaratan umum ataupun administrasi dan informasi pendaftaran dapat kamu akses di https://poltekssn.ac.id/pendaftaran/.

4. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Bagi kamu yang berminat menjadi calon praja, untuk mengetahui syarat pendaftaran serta tahapan seleksi lebih lengkap silakan akses di https://spcp.ipdn.ac.id/2020/.

5. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)

Informasi tahapan seleksi dan syarat-syaratnya untuk masuk Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dapat kamu lihat di https://catar.kemenkumham.go.id/.

6. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)

Informasi selengkapnya mengenai seleksi dan syarat masuk serta alur pendaftaran bisa di cek di https://catar.kemenkumham.go.id/.

7. Politeknik Transformasi Darat Indonesia

Informasi terkait alur pendaftaran serta syarat yang harus dipenuhi untuk calon taruna bisa dilihat di http://sipencatar.dephub.go.id/.

Daftar sekolah kedinasan gratis selain di atas antara lain Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN), tetapi untuk tahun ini PKN STAN tidak membuka pendaftaran.

Jadwal tes Sekolah Kedinasan semua mingikuti pengola masing-masing pihak instansi. Jadi bisa kamu cek juga di situs resmi masing-masing instansi.

Baca juga : Sekolah Tinggi Kedinasan yang Jarang Diminati

Persyaratan Sekolah Kedinasan

Untuk persyaratan pendaftaran Sekolah Kedinasan baik secara umum ataupun akademik, khusus dan sebagainya bisa kamu cek di situs resmi Perguruan Tinggi Kedinasan masing-masing.

Di situs tersebut juga terdapat info sekolah kedinasan, sehingga kamu tahu persyaratan yang ditentukan setiap Sekolah Ikatan Dinas berbeda-beda tergantung pengelolanya.

Kamu bisa mempersiapkan syarat-syaratnya mulai sekarang, jika sudah mempersiapkan syaratnya silakan lengkapi syarat pendaftaran sesuai dengan ketentuan setiap Sekolah Ikatan Dinas.

Persyaratan Kedinasan lebih banyak daripada kamu mengikuti seleksi Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

Baca juga :

Biaya Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Biaya pendaftaran juga tergantung masing-masing sekolah, berikut ini daftar rinican biaya pendaftaran :

1. Biaya Pendaftaran STIN

Bagi pelamar akan dikenakan biaya test CAT dengan tarif Rp 50 ribu untuk satu orang peserta. Hal itu untuk memenuhi syarat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

2. Biaya Pendaftaran STIS

Kamu akan dikenaan biaya seleksi dengan tarif Rp 300 ribu untuk satu orang peserta. Hal itu mencakup semua biaya pendaftaran termasuk biaya Seleksi Kompetensi Dasar juga.

3. Biaya Pendaftaran Poltek SSN

Pendaftar diharuskan membayar biaya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang nominalnya sebesar Rp 50 ribu. Hal itu merupakan syarat pendaftaran untuk masuk Poltek SSN.

4. Biaya Pendaftaran IPDN

Pendaftaran calon mahasiswa baru IPDN tidak dikenakan biaya atau gratis, pihak IPDN tidak memungut biaya pendaftaran. Jadi jangan terlena dengan omongan orang yang memberikan informasi tentang biaya kuliah di IPDN.

5. Biaya Pendaftaran POLTEKIP

Pendaftaran akademi imigrasi juga tidak dikenakan biaya pendaftaran alias gratis, itu berarti kamu tidak dikenakan biaya seleksi dan segala macamnya. Semua biaya ditanggung oleh pihak penyelenggara. Biaya kuliah POLTEKIP

6. Biaya Pendaftaran POLTEKIM

Karena sama-sama di bawah naungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia seperti POLTEKIP, maka kamu tidak dikenankan biaya pendaftaran alias gratis.

7. Biaya Pendaftaran STTD

Setiap calon mahasiswa baru akan dikenakan biaya pendaftaran atau seleksi pada tahap I sebesar Rp 100 ribu – Rp 150 ribu. Itu pun belum dengan biaya seleksi tahap berikutnya.

Pengumuman Sekolah Kedinasan

Jika sudah melengkapi semua berkas administrasi pendaftaran dan syarat masuknya, kemudian kamu akan mendapatkan pengumuman kelulusan seleksinya. Setelah itu akan dilanjutkan ketahap seleksi lanjutan.

Mungkin bagi sebagian orang menganggap lulus ke Sekolah Kedinasan itu sulit, tetapi barangsiapa yang tetap percaya dan niat sungguh-sungguh pasti akan diterima. Maksimalkan peluang dengan melihat kuota yang telah diberikan dari masing-masing Sekolah Kedinasan.

Baca juga : Sekolah Kedinasan Terbaik dan Terfavorit

Jadi persiapkan diri kalian untuk mengikuti rangkaian seleksi, jika lulus ke tahap I, kemudian kamu dituntut untuk seleksi ke tahap berikutnya. Sampai nantinya kamu benar-benar dinyatakan lulus 100%. Untuk seleksi lanjutan tersebut diselenggarakan dan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan.

Kamu dapat mengecek lulus atau tidaknya dengan mengakses situs resmi masing-masing Perguruan Tinggi Kedinasan atau tempat kamu daftar. Contoh, jika kamu ikut seleksi pendaftaran di STIN, maka kamu juga harus cek di situs resminya.

Sumber ilustrasi : https://dikdin.bkn.go.id/

Advertisement

Leave a Comment