Home » DIKDIN » Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2020

Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2020

Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan sudah dinanti-nantikan nih setelah hampir dua bulan lamanya ditunda karena kondisi pandemi. Kesempatan besar untuk kamu yang ingin kuliah di Sekolah Kedinasan kini terbuka lebar.

Perguruan Tinggi Kedinasan adalah salah satu jenis Perguruan Tinggi yang banyak diminati oleh sebagian lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk melanjutkan di jenjang karir sebagai Pegawai Negeri Sipil. Itulah kenapa Perguruan Tinggi Kedinasan sangat diminati.

Tidak hanya itu, biaya yang dipatok untuk kuliah di situ juga terbilang sangat terjangkau bahkan ada juga yang gratis 100% seperti di Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN).

Hal yang harus diingat, untuk tahun ini PKN STAN tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, mungkin masih ada Perguruan Tinggi Kedinasan lain yang dapat kamu jadikan tujuan untuk kuliah di sana.

Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan

Berikut daftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang membuka pendaftaran tahun ini 2020 :

  1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
  2. Politeknik Statiska STIS
  3. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)
  4. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
  5. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLITEKIP)
  6. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)
  7. Politeknik Transformasi Darat Indonesia

Daftar Sekolah Tinggi Kedinasan di atas merupakan bebrapa sekolah tinggi yang masih buka pendaftaran tahun ini.

Baca juga :

Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan

Pada tanggal 1 Juni 2020 kemarin, penyelenggara Seleksi Perguruan Tinggi Kedinasan mengumumkan jadwal Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan akan dilaksanakan pada tanggal 8 – 23 Juni 2020. Pastikan kamu mengikuti alur pendaftarannya sebagai berikut :

  1. Akses Portal SSCASN
  2. Pendaftaran
  3. Verifikasi Data
  4. Pembayaran
  5. Ujian Seleksi
  6. Hasil Seleksi

Bisa kamu lihat juga pada ilustrasi berikut ini :

Alur Pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri
Sumber ilustrasi : https://dikdin.bkn.go.id/alur

Seperti itulah kurang lebih ilustrasi cara Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan tahun 2020. Perlu diingat, setiap Sekolah Kedinasan memiliki tata pendaftaran yang berbeda tergantung kebijakan Sekolah Kedinasan tersebut.

Kuota penerimaan mahasiswa/mahasiswi baru tahun ini berbeda daripada tahun sebelumnya, silakan baca di sini.

Untuk mengetahui tata cara pendaftaran, silakan akses situs resmi masing-masing Sekolah Kedinasan yang membuka pendaftaran calon mahasiswa baru. Kamu dapat mengetahui situs resmi setiap perguruan tinggi negeri di sini.

Syarat Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Secara umum, syarat yang harus kamu persiapkan untuk masuk Sekolah Kedinasan sebagai berikut :

  1. Nilai rata-rata rapor 7,00
  2. Tinggi minimal 165 cm untuk laki-laki, 155 cm untuk perempuan
  3. Usia minimal 16 tahun, maksimal 21 tahun
  4. Tidak berkacamata dan tidak buta warna
  5. Belum menikah
  6. Tidak bertato
  7. Fisik yang kuat

Itu semua merupakan syarat umum yang harus dipenuhi sebagai calon taruna. Hal yang paling penting yaitu memiliki kemampuan fisik yang kuat seperti pada poin terakhir.

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Kamu akan dihadapkan beberapa sekelsi Pendaftaran Sekolah Tinggi Kedinasan. Kamu dinyatakan lolos jika berhasil lulus dari tes atau ujian masuk seperti di bawah ini :

Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

Kemampuan tentang pengetahuan atau wawasan kebangsaan akan diuji di tahap tersebut. Ada hal lain yang akan diuji yaitu pemahaman tentang intelegensi umum atau pemecahan masalah berupa verbal dan analisis serta tes karakteristik pribadi yang berfungsi untuk mengukur tingkat emosional.

Tes Kemampuan Akademik (TPA)

Kamu akan diujikan lebih kompleks tentang angka, bahasa, logika, dan kemampuan menganalisa. Materi yang diujikan itu seperti yang diujikan pada Ujian Sekolah pada umumnya atau materi umum yang telah kamu pelajari di SMA.

Tes Kemampuan Bidang (TKB)

Seperti wawancara, ujian tulis, dan tes lanjutan akan dilakasanakan pada Tes Kemampuan Bidang. Bisa dikatakan, kamu akan dites lebih spesifik lebih dalam lagi mengenai kamu dan jurusan kamu.

Tes Kesehatan

Seperti namanya, kamu akan dites seperti meliputi kesehatan diri kamu. Tes tersebut juga dapat berupa tes disik seperi push-up hingga lari, terganting dari panitia seleksi masing-masing Sekolah Kedinasan.

Baca juga :

Sumber ilustrasi : https://spcp.ipdn.ac.id/

Advertisement

2 thoughts on “Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2020”

  1. Mohon info kalau Sekolah Tinggi Penerbangan (STPI) apakah masih sekolah kedinasan dibawah kemhub dan juga apakah tidak ada biaya untuk kuliah di sekolah tersebut, mohon pencerahannya, terima kasih

    Reply
    • Sekolah tersebut masih dilingkungan Kemenhub, tetapi sekarang berubah nama menjadi PPI (Politeknik Penerbangan Indonesia) contohnya PPI Curug, dll. Untuk biaya kuliah jalur reguler pola pembibitan maupun non pola pembibitan sama-sama dikenakan biaya alias tidak gratis.

      Reply

Leave a Comment