Home » Soshum » Kuliah Jurusan Hukum – Biaya, Mata Kuliah, dan Universitas

Kuliah Jurusan Hukum – Biaya, Mata Kuliah, dan Universitas

Kuliah jurusan hukum atau yang dikenal kuliah jurusan ilmu hukum adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang memiliki peminat yang banyak setiap tahunnya. Buat kamu yang ingin masuk kuliah jurusan hukum, simak pembahasan berikut ini!

Jurusan ilmu hukum atau jurusan hukum merupakan jurusan yang di dalamnya mempelajari ilmu yang berkaitan dengan hukum. Ilmu hukum mencakup mempelajari aturan yang sedang berkembang di dalam masyarakat dan mempelajari juga cara menerapkan hukum di dalam masyarakat.

Apa Saja yang Dipelajari di Fakultas Hukum?

Kuliah jurusan hukum juga berkaitan dengan cara untuk meningkatkan kemampuan menulis dan berargumen dalam membuat opini dan juga berpendapat. Belajar tentang ilmu hukum tidak hanya sekedar hapalan saja, tetapi bagaimana cara menganalisa suatu permasalahan.

Pada kuliah jurusan hukum, kamu sering menemui tentang pembahasana masalah yang berkembang di dalam masyarakat dan sangat berkaitan dengan pengadilan. Jika masuk kuliah jurusan hukum, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan adil, dan jujur dalam berargumen.

Prospek kerja jurusan hukum sangat luas salah satunya kamu dapat memiliki tugas abdi negara dengan jabatan sebagai hakim ataupun jaksa dan profesi yang terkait dengan bidang hukum dalam suatu lembaga ataupun instansi pemerintah atau swasta.

Apakah fakultas hukum juga terdapat kuliah online? Untuk kuliah online fakultas hukum tergantung kebijakan dari jurusan hukum universitas atau fakultas masing-masing.

Baca juga : Mata Kuliah Jurusan Hukum yang Wajib Diketahui

Biaya Kuliah Jurusan Hukum

Biaya kuliah jurusan hukum di Indonesia bervariasi, semua tergantung pada universitas yang akan dipilih. Berikut ini rata-rata biaya kuliah jurusan hukum per tahun pada universitas terbaik di Indonesia sebagai berikut:

  • Universitas Indonesia 500 ribu sampai 5 juta per semester,
  • Universitas Padjajaran 500 ribu sampai 7 juta per semester,
  • biaya fakultas hukum UGM adalah 500 ribu sampai dengan 12 juta per semester,
  • sedangkan biaya fakultas hukum Esa Unggul adalah pada awal mencapai 18,4 juta untuk semester dan seterusnya 11,3 juta per semester.

Jadi bisa dikatakan rentang biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah jurusan hukum adalah ratusan ribu hingga puluhan juta.

Universitas Jurusan Hukum

Memilih universitas jurusan hukum memang tidak mudah, apalagi yang memiliki akreditasi A. Berikut ini merupakan daftar universitas yang terdapat jurusan hukum dan ilmu hukum di Indonesia yang memiliki akteditasi A:

  • Jurusan Hukum Universitas Diponegoro
  • Jurusan Hukum Universitas Indonesia
  • Jurusan Hukum Universitas Padjajaran
  • Jurusan Hukum Universitas Brawijaya
  • Jurusan Hukum Universitas Gadjah Mada
  • Jurusan Hukum Universitas Sriwijaya
  • Jurusan Hukum Universitas Udayana
  • Jurusan Hukum Universitas Hasanuddin
  • Jurusan Hukum Universitas Andalas
  • Jurusan Hukum Universitas Sumatera Utara
  • Jurusan Ilmu Hukum Universitas Jendral Soedirman
  • Jurusan Ilmu Hukum Universitas Syiah Kuala
  • Jurusan Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Malang
  • Jurusan Ilmu Hukum Universitas Negeri Semarang
  • Jurusan Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia

Universitas dengan Jurusan Hukum Terbaik 2020

Karena prospek kerja dari kuliah jurusan hukum sangat menjanjikan, maka tidak heran universitas dengan jurusan hukum terbaik sangat diminati oleh calon pendaftar. Cocok banget bagi kamu yang ingin daftar di universitas tersebut, daftar universitas sebagai berikut:

  1. Universitas Diponegoro (Semarang)
  2. Universitas Indonesia (Jakarta)
  3. Universitas Padjajaran (Bandung)
  4. Universitas Brawijaya (Malang)
  5. Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)
  6. Universitas Sriwijaya (Palembang)
  7. Universitas Udayana (Bali)
  8. Universitas Hasanuddin (Makassar)
  9. Universitas Andalas (Padang)
  10. Universitas Sumatera Utara (Medan)
  11. Universitas Jenderal Soedirman (Purwokerto)
  12. Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh)
  13. Universitas Muhammadiyah Malang (Malang)
  14. Universitas Negeri Semarang (Semarang)
  15. Universitas Islam Indonesia (Yogyakarta)

Untuk universitas dengan jurusan terbaik di Indonesia bisa kamu cek di sini.

Kuliah Ilmu Hukum

Ilmu hukum menjadi alat yang penting untuk  dapat digunakan untuk menyelesiakan masalah yang berkaitan dengan hukum serta untuk menggapai transaksi bisnis ekonomi nasional. Hal tersebut berfungsi untuk pondasi dalam malakukan pelaksanaan bisnis dan berkegiatan yang komersial.

Pada program studi ilmu hukum, kamu dapat mempelajari tentang hukum baik secara teori maupun praktek. Ilmu hukum banyak mendalami teori dan konsep, juga menuntaskan kasus hukum yang sedang terjadi.Mata kuliah ilmu hukum salah satunya dan paling dasar pondasinya adalah pancasila.

Dalam rangka memaksimalkan penerapan dan pelaksanaan dari undang-undang untuk mengatur yang memenuhi kebutuhan transaksi bisnis secara nasional, kamu dituntut untuk memiliki pengetahuan hukum yang tinggi dan harus tahu cara menerapkan hukum dalam kehidupan sehari.

Gelar sarjana yang didapat dalam jurusan Hukum adalah Sarjana Hukum (S.H.) yang akan diberkian kepada kamu yang menyelesaikan studi hukum dengan minimal 144 SKS.  Biasanya untuk dapat menyelesaikan studi 144 SKS, dibutuhkan 8 sampai 12 semester untuk menyelesaikannya.

Jurusan Kuliah Hukum

Apabila kamu merupakan seorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan sangat analitis kamu mungkin cocok untuk masuk di jurusan hukum. Perkuliahan di jurusan hukum mendorong kamu untuk berpikir analitis dan berpikir kritis untuk berkembang.

Baca juga : Kenapa Harus Kuliah Jurusan Hukum? Inilah Alasannya

Apabila menempuh perkuliahan di jurusan hukum, kamu berkesempatan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan aspek kehidupan manusia. Jurusan hukum menuntut kamu untuk mendalami secara lebih mengapa hukum atau aturan perlu diterapkan dalam kehidupan manusia.

Berikut adalah ciri-ciri mahasiswa yang masuk jurusan hukum:

  1. Memiliki kemampuan berpikir kritis
  2. Disiplin dalam bekerja
  3. Dapat mengatur waktu secara baik
  4. Dapat membangun dan menjaga dalam bersosial dengan orang lain

Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Fakultas Hukum Universitas Indonesia adalah fakultas yang masuk ke dalam kelompok rumpun sosial Universitas Indonesia. Fakultas Hukum Universitas memiliki adalah sekolah hukum pertama yang ada di Indonesia.

Saat ini, Fakultas Hukum Universitas Indonesia dipimpin oleh Prof. Melda Kamil Ariadno, S.H., LL.M.,Ph.D. Fakultas tersebut menyelenggarakan program pendidikan tingkat S1, Profesi, S2, hingga S3.

Sejarah Singkat Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Fakultas Hukum Universitas Indonesia di saat tahun 1979 merencanakan program pendidikan pascasarjana (S2) untuk memberikan spesialisasi dan mempersiapkan penulisan disertasi kepada lulusannya.

Untuk jenjang S3 terdapat program doktor ilmu hukum yang ada sejak diterbitkannya Peraturan Rektor Universitas Indonesia Nomor 061/SK/R/UI/1983 pada tanggal 19 Juli 1983.

Pada tahun 2010, Fakultas Hukum Universitas Indonesia membuka program Sarjana Kelas Khusus Internastional. Program tersebut merupakan single degree program untuk memberikan mahasiswanya mengikuti program pertukaran pelajar pada perguruan tinggi yang bermitra dengan Universitas Indonesia.

Kesimpulan

Jurusan ilmu hukum atau jurusan hukum merupakan jurusan yang di dalamnya mempelajari ilmu yang berkaitan dengan hukum. Kuliah Jurusan Hukum yaitu belajar tentang ilmu hukum tidak hanya sekedar hapalan saja, tetapi bagaimana cara menganalisa suatu permasalahan.

Biaya kuliahnya bervariasi, mulai dari 500 ribu hingga puluhan juta rupiah. Universitas yang memiliki jurusan hukum terbaik salah satunya adalah Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Dalam kuliah jurusan hukum, kamu dituntut untuk memiliki pemikiran yang kritis, disiplin, dan dapat mengatur waktu dengan baik. Minimal adalah 114 SKS untuk mendapatkan gelar Sarjana Hukum.

Advertisement

23 thoughts on “Kuliah Jurusan Hukum – Biaya, Mata Kuliah, dan Universitas”

  1. Saya termasuk yang tertarik kuliah hukum, karena almarhumah mama saya pengacara. Tapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya memilih jurusan lain. Tapi sekolah Hukum tetap menarik perhatian saya. Nice share info 🙏🏻

    Reply
  2. Walaupun saya kuliah dijurusan teknik namun saya tetep salit bagi para orang yang berani mengambil diprogram studi ini, sebab butuh keberanian dan nyali tinggi dalam menentukan sebuah perkara yang sedang ditangani

    Reply
  3. Temenku dulu sempat ngambil kuliah jurusan hukum gan, tapi cuma beberapa semester. Dan sekarang malah banting setir mengambil jurusan IT.

    Reply
  4. Prodi jurusan hukum dalam dunia perkuliahan sebenarnya sangat menarik untuk diulas, namun banyak yang terkendala oleh biaya. Kalau saya sendiri masih duduk dibangku 11 SMK didaerah saya, dan kepengen melanjutkan kerja sambil kuliah.. semoga saja diberikan kemudahan dan jalan ya min 👍

    Reply
  5. Makasih informasinya gan artikel ini sangat bermanfaat bagi anak SMA atau SMK yang mau kuliah dan mengambil jurusan hukum

    Reply
  6. Hmmm menarik juga ya kuliah hukum, saya dulu ga ada minat untuk masuk jurusan ini padahal di suruh kk saya untuk masuk jurusan hukum

    Reply
  7. Wah bermanfaat sekali ini untuk calon mahasiswa baru, dapat mengetahui jurusan hukum dari manfaatnya hingga pilihan universitas yang terbaik utuk kuliah jurusan ini. Semangat terus untuk belajar

    Reply
  8. Sebelum ngambil kuliah jurusan komunikasi, jurusan hukum adalah salah satu yang saya pertimbangkan. Asik si kayanya kuliah jurusan hukum.

    Reply
  9. Kalo masalah biaya rasanya itu tentatif yah, kalo di universitas saya UKT disesuaikan dengan keadaan keluarga. Ya kalo kaya, punya usaha di mana-mana masa mau minta UKT 500rb wkwk

    Reply
    • Iya kak, semua universitas berbeda-beda kebijakannya. Contohnya universitas negeri seperti UGM itu memakai sistem UKT yang menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarganya.

      Reply
  10. Saya dari dulu tertarik sih untuk kuliah di hukum,tp untuk biaya saya tak ada, mungkin kalo ada artikel yg kuliah S2 untuk jurusan IT min ..

    Reply
  11. Sekrang banyak pemegang hukum mempermainkan hukum itu sendiri, semoga kehadiran banyak universitas dengan fakultas hukummnya bisa melahirkan sarjana-sarjana hukum yang mempunyai integritas.

    Reply
  12. Baca tntang hukum auto ingat hotman paris wkwk. Btw nggak ada list univ swasta ya?? penasaran juga univ swasta dengan jurusan hukum terbaik. mungkin nggak ya ngalahin univ negeri??

    Reply
  13. Saya pernah berminat masuk hukum karena iming-iming orang tua. Tapi, nyasarnya malah ke kesehatan :v. Tapi, hukum selalu menjadi bidang yang takkan terlepas di kehidupan. Sukses min

    Reply

Leave a Comment