Home » Kampus » Ketahui Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Ketahui Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Perguruan tinggi adalah kampusnya, sedangkan ada berbagai macam jenis perguruan tinggi di Indonesia.

Pasti kamu kebingungan bukan apa bedanya universitas, akademi, sekolah tinggi, dan lainnya? pasti kan…

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas semua jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Cocok banget ini untuk kamu yang ingin meneruskan kuliah, pastikan kamu mengetahui semua tentang jenis-jenisnya ya!

Jenis-jenis Perguruan Tinggi

Jika kamu sekarang masih berpikir kuliah itu di universitas atau institut saja, sebenarnya bukan itu saja jenisnya.

Mungkin karena kuliah itu hanya identik dengan universitas dan institut saja ya bagi kebanyakan pelajar, jadi jangan salah persepsi seperti itu ya!

Berikut ini lima jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia, seperti berikut ini :

1. Universitas

Pada universitas, pasti tidak asing dengan yang namanya fakultas. Fakultas dalam universitas itu bisa diibaratkan dengan suatu sekolah yang memiliki beberapa jurusan di dalamnya.

Misalnya, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di dalamnya memiliki beberapa jurusan seperti Pendidikan Bidan, Pendidikan Dokter, dan lain sebagainya.

Universitas sangat mengutamakan disiplin ilmu yang banyak mempelajari teori dibandingkan dengan praktik. Namun tidak meninggalkan praktik, tetap dijalankan tetapi porsinya lebih banyak teori.

Kamu dapat menemui banyak jenjang pendidikan dalam universitas, seperti Diploma, Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3). Paling umum biasanya seperti itu di kebanyakan universitas di Indonesia seperti itu.

2. Institut

Institut tersebut sangat dikatikan sama dengan universitas, memang iya tapi tidak seperti itu. Sangat banyak sekali yang menganggap bahwa universitas dan institut sama.

Jika dijabarkan lebih dalam, suatu institut itu bisa dikatakan lebih berfokus terhadap satu rumpun ilmu tertentu. Jadi lebih ke arah satu keilmuan saja, tentu berbeda dengan universitas yang lebih umum dibanding institut.

Dapat dimisalkan seperti Institut Teknologi Bandung yang berfokus satu ilmu yang dibagi dalam beberapa fakultas di dalamnya. Institut Teknologi Bandung berfokus pada ilmu alam dan teknologi, jadi tidak ada ilmu lain yang dipelajari di dalam suatu insitut selain fokus ilmu tersebut.

Selain itu ada juga Institut Seni Yogyakarta yang berfokus pada ilmu seni yang dibagi dalam berbagai fakultas. Seperti itu perbedaan yang terdapat antara institut dengan universitas, jadi jangan salah mengartikan ya!

3. Politeknik

Politeknik berkebalikan dengan disiplin ilmu yang dipelajari di universitas. Sistem pendidikan pada politeknik lebih banyak ke prkatik daripada teorinya, jadi lebih banyak aksinya.

Bisa diibaratkan juga politeknik itu seperti SMK, sedangkan universitas seperti SMA. Tapi jangan seperti itu juga ya mengartikannya, hanya pengibaratan saja supaya mengetahui gambaran dari kedua perguruan tinggi tersebut.

Untuk kamu yang lulusan SMA juga bisa mendaftar di politeknik, tidak hanya cocok untuk anak SMK saja ya…

Pada politeknik, mahasiswa dituntut untuk mampu menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional. Cocok untuk kamu yang lebih suka belajar praktis.

Contoh Politeknik Negeri Malang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Jenjang yang ditawarkan adalah Diploma I, Diploma II, Diploma III, dan Diploma IV.

4. Sekolah Tinggi

Seperti pada penjelasan universitas di atas tadi, sekolah tinggi hampir mirip dengan universitas maupun institut. Tetapi bedanya terletak pada fakultasnya yang ada pada sekolah tinggi.

Sekolah tinggi lebih ke satu fakultas yang terdiri dari beberapa jurusan di dalamnya. Terbayang bukan, sekolah tinggi hanya terdapat satu fakultas saja. Hal tersebut sangat berbeda jauh dengan universitas yang memiliki banyak fakultas.

Contoh Sekolah Tinggi Ilmu Sandi Negara yang sekarang jadi Poltek SSN, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang sekarang jadi PKN STAN, dan lain sebagainya.

5. Akademi

Mirip dengan politeknik, hanya saja untuk akademi lebih berfokus ke satu program studi saja. Sistem pendidikannya juga lebih banyak ke prkatiknya, hal itu sama seperti politeknik.

Politeknik dapat menyelenggarakan satu cabang ilmu seperti ilmu teknologi. Terbagi menjadi banyak program studi yang terdapat di politeknik. Kalau di akademi, kamu hanya akan menjumpai satu program studi saja.

Misalnya Akademi Militer, dimana di dalamnya akan berfous pada pendidikan praktis yang berkaitan dengan tentara atau militer saja.

Jenis Perguruan Tinggi Berdasarkan Pengelola

Untuk kamu yang ingin masuk ke perguruan tinggi, pastikan kamu tahu jalur masuk perguruan tinggi berdasarkan pengelolanya, jenis perguruan tinggi dapat dibagi menjadi tiga seperti berikut :

1. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

Pasti tahu lah dengan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), yap.. untuk Perguruan Tinggi Kedinasan itu dikelola oleh lembaga pemerintah selain Dinas Pendidikan Nasional.

Terus siapa yang mengelola Perguruan Tinggi Kedinasan? Biasanya dikelola oleh lembaga pemerintahan. Baik itu lembaga pemerintahan kementerian ataupun bukan pemerintah kementerian.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang sekarang PKN STAN merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh lembaga pemerintah di bawah Menteri Keuangan.

Baca juga : Daftar Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Sedangkan Sekolah Tinggi Sandi Negara yang sekarang Poltek SSN, dikelola oleh lembaga pemerintah yang bukan merupakan pemerintah kementerian. Poltek SSN cocok untuk kamu yang lulusan SMK ya.

Kuota yang diberikan untuk calon mahasiswa/mahasiswi Perguruan Tinggi Kedinasan tidak sebanyak Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta.

Banyak Perguruan Tinggi Kedinasan yang menjadi Perguan Tinggi terbaik dan terfavorit, salah satunya yang paling banyak peminatnya adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Sekolah Tinggi Kedinasan atau Ikatan Dinas sangat diminati terutama yang ingin menjadi Calon Aparatur Sipil Negara.

Baca juga : Sekolah Tinggi Kedinasan yang Jarang Diminati

Untuk mencari tahu bagaimana cara mendaftar di Perguruan Tinggi Kedinasan, silakan lihat artikel Pendaftaran Sekolah Tinggi Ikatan Dinas atau Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan.

2. Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Yang mengelola Perguruan Tinggi Negeri yaitu pemerintah, lebih tepatnya Dinas Pendidikan Nasional ataupun yang berhubungan dengan pemerintah.

Jadi kamu tahu perbedaan antar keduanya? gampangnya, PTN dikelola oleh Dinas Pendidikan Nasional sedangkan PTK lebih ke pemerintah kementerian ataupun bukan kementerian.

Misalnya Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

3. Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Sesuai dengan jenisnya, Perguruan Tinggi Swasta dikelola oleh pihak swasta. Biasanya dimiliki oleh yayasan. Hal itu berkebalikan dengan PTN yang dikelola oleh pemerintahan.

Contoh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) adalah Binus University, Telkom University, Universitas Pertamina, dan lain sebgaianya.

Kesimpulan

Ada berbagai macam-macam perguruan tinggi atau jenis-jenis perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Seperti Universitas, Institut, Akademi, Sekolah Tinggi, dan Politeknik. Semua memiliki karakteristik tersendiri.

Macam perguruan tinggi berdasarkan pengelolanya dibagi menjadi tiga yaitu, Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTN), dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Jalur masuk perguruan tinggi biasanya dikelompokkan sesuai dengan pengelolanya.

Demikian informasi tentang jenis perguruan tinggi di Indonesia, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah. Tetap semangat, salam sukses, dan terima kasih.

Advertisement

1 thought on “Ketahui Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia”

Leave a Comment